Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan

Bawang Putih

Bawang putih dalam Bahasa Arab disebut fuum. Ada sebuah hadits Nabi SAW menyebutkan : “Makanlah bawang putih dan berobatlah dengannya, karena di dalamnya terkandung obat untuk 70 penyakit.”

Bawang putih adalah buah yang biasa digunakan untuk kepentingan pengobatan. Bawang putih memiliki khasiat pengobatan yang besar, karena di dalamnya terkandung unsur minyak yang mudah menguap dan unsur-unsur sulfat.

Sejarah tentang bawang putih ini sudah berlangsung lama sekali, merujuk ke 3.000 tahun sebelum masehi. Buah ini telah digunakan oleh Bangsa-Bangsa Babilonia sebagai makanan sekaligus obat. Demikian pula Bangsa Yunani dan Orang Mesir Kuno. Orang-orang Yunani menyebutnya sebagai ‘obat penawar racun’.

Melihat peran penting tumbuhan ini ditinjau dari ilmu kedokteran, maka di beberapa buku rujukan kedokteran disebutkan tentang khasiat tanaman obat ini. Terhimpun dalam uraian berikut.

15 Manfaat Bawang Putih

  1. Merangsang pencernaan.
  2. Membersihkan lambung.
  3. Menghentikan diare yang disebabkan oleh mikroba.
  4. Menghentikan disentri.
  5. Bermanfaat bagi saraf.
  6. Menghindari pembusukan di lambung.
  7. Jika dicampur dengan susu yang sudah diasamkan, maka bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal dan meringankan sakit ginjal.
  8. Meringankan sesak nafas dan gatal-gatal. Yaitu dengan cara membuat minuman bawang putih yang ditambah dengan 2 sendok madu hitam dan bawang putih tersebut sudah dikupas dan digiling lalu dibiarkan antara 2-3 jam. Ramuan itu diminum 1 sendok pada saat mulai batuk.
  9. Mengobati penyakit saluran pernafasan seperti yang diakibatkan oleh batuk rejan. Bisa juga diberikan kepada anak-anak sekitar 10-12 tetes dari air bawang putih ini yang dicampur dengan air jeruk, berikan setiap 4 jam sekali.
  10. Memelihara dan menjaga tekanan darah, mengaktifkan gerakan jantung, merangsang peredaran darah dan untuk mengobati pengerasan di pembuluh darah.
  11. Bawang putih, peterseli, minyak zaitun dan jeruk nipis dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal.
  12. Bawang putih juga memiliki khasiat melembutkan. Oleh karena itu biasa digunakan untuk mengobati sulit buang air besar.
  13. Baru-baru ini dari bawang putih berhasil dikeluarkan satu obat yang disebut dengan aniodul yang dimasukkan ke dalam kapsul dan ditutup rapat agar mudah dikonsumsi untuk mengobati penyakit tifus.
  14. Minyak bawang putih yang mudah menguap dan airnya memiliki khasiat membunuh berbagai jenis mikroba yang menyebabkan beberapa penyakit. Bahkan lebih berpengaruh daripada bawang merah.
  15. Bawang putih juga dapat membunuh cacing di perut anak-anak sekaligus membersihkan lambung. Oleh karena itu, dianjurkan memberi satu gelas susu kepada anak pada pagi hari. Disusul kemudian dengan memanaskan beberapa butir bawang putih dalam air mendidih dan memberikannya kepada anak-anak sebagai obat pencahar. Hal itu terbukti dapat membunuh cacing yang keluar bersama tinja.

Berbagai Fakta Tentang Bawang Putih

Seorang Profesor dari Jerman, Han Ruaiter, telah melakukan beberapa percobaan dengan memasukkan beberapa minyak bawang putih di makanan yang dikonsumsi oleh para relawan. Dari percobaan itu dia menemukan bahwa kadar minyak atau kolesterol yang ada pada darah mereka mengalami penurunan yang spektakuler disbanding mereka yang memakan keju dan mentega biasa tanpa dicampuri minyak bawang putih ini. Perubahan itu terjadi secara terus-menerus selama kurang lebih 4 minggu. Keju yang mereka konsumsi mengandung 3 kg bawang putih segar. Prof. Ruaiter menyatakan, “Khasiat bawang putih tidak hanya membersihkan darah dari unsur-unsur lemak saja, tetapi juga mampu membunuh sejumlah bakteri, di antaranya adalah bakteri TBC dan difteria. Sebagaimana bawang putih jauh lebih baik dibandingkan dengan penisilin yang biasa digunakan oleh orang.

Tahun 1918 adalah tahun yang mencekam bagi Bangsa Inggris. Pada saat itu ribuan orang telah meninggal karena menyebarnya penyakit influenza. Konon, di sana ada seorang wanita tua yang usianya sudah mencapai lebih dari 100 tahun. Dia memiliki satu gagasan besar, yaitu memasukkan bawang putih pada makanannya yang dikonsumsi oleh keluarganya. Bahkan dia dan keluarganya berani mengunyah bawang putih mentah-mentah. Hasilnya, wabah tersebut tidak sampai menyerang seorang pun dari keluarganya.

Pada tahun 1973, influenza telah melanda Inggris dan sebagian besar Negara Eropa. Ternyata orang-orang Italia adalah orang yang paling sedikit terkena penyakit ini. Hal itu dikarenakan mereka terbiasa mengonsumsi bawang putih.

Pada tahun 1995, influenza juga menyerang Uni Soviet. Lalu pemerintah mengambil kebijakan untuk mendistribusikan sekitar 500 ton bawang putih. Para dokter di sana menganjurkan agar semua orang mengonsumsi bawang putih ini untuk melindungi diri dari penyakit.

Akibat Mengonsumsi Bawang Putih Berlebihan

Bahaya yang ditimbulkan akibat mengonsumsi bawang putih secara berlebihan adalah dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan berbahaya bagi ibu hamil. Dan tentu saja mengonsumsi bawang putih ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut, ada cara yang bisa ditempuh, diantaranya dengan memakan buah apel atau meminum 1 sendok madu lebah setengah jam setelah makan bawang putih, atau dengan cara mengunyah biji-bijian kopi, cumin, atau anise (tanaman jenis wortel), atau dengan memakan daun peterseli.

Dikutip dengan perubahan dari Buku :

‘Pola Makan Rasulullah’ oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid

5 Balasan ke Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan

  1. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr wb

    Subhaanallah, ternyata manfaat bawang putih banyak sekali ya…? Terima kasih Bang Azi, sudah berbagi ilmu pengetahuan ini kepada kita semua.

    Wa’alaikum salam wr wb
    Dewi Yana

  2. agoesman120 mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    Jumpa lagi…
    Ada banyak sekali tanaman yg tumbuh di negeri ini yg bisa dijadikan bahan obat-obatan … yach salah satunya Bawang Putih ini..
    Kurangi Minum Softdrink..
    Mau tau 10 Alasannya..Silakan mampir ke tempat ku..

    Wasalam

    • Azi Achmad mengatakan:

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh…
      Wah,, terima kasih kang, masih berkenan mampir kemari..
      Mau banget tau donk,
      tungguin yaa,
      saya menuju TKP nih…

  3. kawanlama95 mengatakan:

    Selain bawang putih sebagai penawar racun atau pengobatan . bawang putih juga berguna untuk peyedap masakan kayanya kalo nga ada bawang putih kurang seep dah

    Bawang putih,,,,, ajiiiiib dah yaaah……

  4. lestari mengatakan:

    bawang putih juga bisa digunakan untuk obat luar penyakit herpes, tapi sakit dan panasnya sangat luar biasa(sakitnya cuma sebentar).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: