Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Abu Dawud meriwayatkan bahwa Sa’ad mengatakan : “Pada suatu waktu, saya terserang penyakit dan Rasulullah SAW datang menjengukku, lalu meletakan tangan beliau di tengah-tengah dadaku, sampai jantungku terasa dingin. Beliau lalu bersabda : “Engkau mengeluhkan jantungmu, cobalah datangi Abu Kaladah dari suku Thaqif, karena dia mengetahui tentang obat. Biarkan dia mengambil tujuh buah kurma dari Madinah, gilinglah dengan biji-bijinya kemudian pergunakan itu untuk obatmu.”

Kurma pada umumnya, kurma kering khususnya, terutama sekali dari Madinah memiliki manfaat yang banyak sekali dan khususnya amat efektif dalam mengobati jantung. Menggunakan tujuh buah kurma merupakan keutamaan yang hanya didapat melalui wahyu.

Dalam Shahih Bukhari Muslim diriwayatkan bahwa Sa’ad bin Abu Waqas berkata, “Rasulullah SAW bersabda : Siapa saja yang memakan tujuh buah kurma dari daerah Al-Aliah ketika dia bangun di waktu pagi maka tidak ada satupun racun atau sihir akan membahayakannya pada hari itu.”

Kajian Ilmiah

Kurma yang mempunyai nama latin Phoenix Dactilifera sudah dikenal sejak zaman paleolitik. Kurma merupakan sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di daerah Jazirah Arab dan sebagian orang menganggap kurma hanya hidup di padang pasir. Namun di daerah lain yang memiliki tingkat kekeringan cukup tinggi, kurma dapat pula hidup. Kini, buah yang rasanya manis itu menjadi komoditas pertanian andalan yang laku keras untuk dijual oleh Bangsa Arab, Afrika dan bahkan China.

Menurut Prof. Dr. Ali Khomsan, MS. kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. “Setidaknya gula (glukosa) menjadi komponen utama dengan komposisi yang mencapai 50 % dari seluruh kandungan buahnya” katanya. Guru Besar IPB ini juga mengatakan kandungannya lebih besar dibandingkan buah-buahan lainnya yang hanya mencapai 20-30 % saja.

Pada kurma yang masih lembek (matang di pohon dan belum dijemur) kandungan gulanya sekitar 60 %. Sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, sekitar 70 %. Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitar 45-50 menit sehingga waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan ke dalam darah menjadi lumayan lama.

Buah padang pasir ini juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.

Mineral juga sangat banyak ditemukan dalam kurma. Magnesium dan kalium setidaknya berada dalam jumlah yang cukup bisa diandalkan untuk membantu kinerja tubuh menjadi lebih baik. “Banyak juga terkandung serat-serat seperti layaknya buah yang lainnya,” tutur Prof. Ali. Menurut beliau, serat tersebut dapat membuat pencernaan manjadi baik. Kandungan kurma membuat usus menjadi lunak dan mengaktifkannya sehingga secara alamiah seseorang mudah untuk buang air besar.

Kandungan Kurma

Nutrisi : Air 22.50 g, Energi 275 kal, Energi 1.151 kj, Protein 1,97 g, Lemak 0,45 g, Karbohidrat 73,51 g, Serat 7,5 g, Ash 1,58 g.

Mineral : Kalsium, Ca 32 mg, Zat Besi, Fe 1,15 mg, Magnesium, Mg 35 mg, Fosfor, P 40 mg, Potasium, K 652 mg, Sodium, Na 3 mg, Zinc, Zn 0,29 mg, Copper, Cu 0,288 mg, Manganese, Mn 0,298 mg, Selenium, Se 1,9 mcg.

Vitamin : Thiamin 0,090 mg, Riboflavin 0,100 mg, Niacin 2,200 mg, Pantothenic 0,780 mg, Vitamin B-6 0,192 mg, Folate 13 mcg, Folate, food 13 mcg, Vitamin A, 50 IU, Vitamin A, RE 5 mcg_RE, Vitamin E 0,100 mg_ATE.

Manfaat Kurma

  1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.
  2. Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.
  3. Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
  4. Kurma dipercaya memberi tambahan tenaga untuk ibu hamil.
  5. Menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.
  6. Konon, bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.
  7. Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress dan pegal.
  8. Membantu menguatkan daya ingat.
  9. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik pelengkap kecantikan.
  10. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.
  11. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.
  12. Jus kurma juga berkhasiat mengurangi penyakit insomnia.
  13. Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual.
  14. Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
  15. Mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.

(Mukhlas Syarkun)

Sumber : Majalah Risalah NU No.10

2 Balasan ke Manfaat Kurma untuk Kesehatan

  1. adiend mengatakan:

    aslmkm..,artikelnya bgs dan menambah pengetahuan tentang herbal.,trs berkarya.,

  2. adiend mengatakan:

    aslmkm..,artikelnya bgs dan menambah pengetahuan tentang herbal.,trs berkarya.,silakan mampir jg ke blog sy.,trmksh,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: