Kolesterol dan Udang Lobster

Seperti biasa kalau ada hari besar, semisal Maulid Nabi Muhammad SAW warga kampung mengundang da’i kondang untuk memberikan tausiyah kepada jama’ahnya. Tausiyah yang disampaikan kiai kita memang memukau warga kampung. Setelah acara usai, tiba saatnya untuk menyantap hidangan yang sudah disiapkan.

Hidangan yang disuguhkan untuk kiai disediakan tempat khusus dengan menu istimewa. Selain daging sapi dan kambing, tersaji pula seonggok udang lobster. Tuan rumah pun akhirnya mempersilahkan kepada kiai untuk menikmati hidangan yang ada.

“Mari nikmati yang kami sediakan termasuk udang lobster yang sudah dikasih bumbu istimewa untuk kiai,” ujar tuan rumah yang kebetulan seorang pengusaha besi tua yang dikenal sukses itu.

Belum menunjuk pada menu yang lainnya, sang kiai langsung menjawab: “ Waah… minta maaf lho Pak Haji, saya harus menghindari makanan yang mengandung kolesterol. Jadi saya tidak boleh menyantap udang lobster ini,” ujar kiai berusaha memahamkan Pak Haji.

Pak Haji pun tak kalah akal berusaha meyakinkan kiai bahwa semua menu makanan yang disajikan tidak beresiko membahayakan bagi kesehatan kiai. “Ya… kolesterolnya tidak usah dimakan kiai, dimakan udangnya saja ya,” ujar Pak Haji memberi penjelasan.

Nampaknya Pak Haji tidak memahami bahwa yang dimaksud kiai adalah ikan yang mengandung kolesterol itu adalah udang. Disangkanya oleh Pak Haji, kolesterol itu jenis ikan lain yang terpisah dari udang lobster.

Kiai berusaha menahan tawa dan memperlihatkan sikap yang wajar supaya tidak menyinggung perasaan tuan rumah. Namun, tamu-tamu Pak Haji yang berada di sekitar kiai tidak kuat menahan tawa. Salah satu dari mereka menjelaskan kepada Pak Haji, kalau kolesterol itu adalah zat yang menempel di udang lobster. “Oh… gitu toh, kok kamu tak memberi tahu saya sejak tadi,” kata Pak Haji kepada tetangganya yang memberi tahu itu. Suasana akhirnya ceria karena ketawa gerr lepas semua.

(Solihin)

Sumber : Majalah Risalah NU no.7

Satu Balasan ke Kolesterol dan Udang Lobster

  1. Emil Hardi mengatakan:

    Artikelnya Bagus,

    Salam Kenal Pak,

    Cuma agak beda dengan data saya🙂

    http://medanlobster.blogspot.com/2011/08/perbandingan-kandungan-kolesterol.html

    http://medancrayfish.blogspot.com

    http://medanlobster.blogspot.com/

    Thanks Sebelumnya

    Emil – 08153101844

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: