Manfaat Bawang Merah untuk Pengobatan

Bawang Merah

Diriwayatkan dari Abu Dawud dalam Sunannya, dari Aisyah ra bahwa beliau pernah ditanya tentang bawang merah, Aisyah menjawab : “Sesungguhnya makanan yang paling terakhir dimakan oleh Nabi SAW adalah makanan yang di dalamnya terdapat bawang merah.” Karena aromanya yang kurang disukai, maka dalam Hadits Bukhari Muslim, Nabi SAW melarang memakannya ketika hendak masuk masjid.

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah mengandung banyak serat seluloza yang kaya akan minyak sulfat yang mudah menguap. Juga mengandung zat-zat karbohidrat, asam fosfat, vitamin B dan C. Susunannya sebagai berikut: 8,86% air, 1,3% protein, 1% lemak, 10,3% karbohidrat dan unsur-unsur lain seperti dari fosfor, kalsium dan besi. Dalam setiap 100 gr bawang merah terdapat 48 kalori.

15 Manfaat Bawang Merah

  1. Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan.
  2. Dapat juga membunuh mikroba diphtheria, amuba disentri dan mikroba TBC. Bawang merah benar-benar mampu menghilangkan bakteri-bakteri tersebut dalam waktu singkat.
  3. Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan dapat menyembuhkannya.
  4. Dapat mengaktifkan gerakan lambung.
  5. Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  6. Menghirup bau bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia, yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.
  7. Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.
  8. Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.
  9. Untuk mengobati batuk rejan dan radang paru dengan menggunakan bawang merah sebagai kompres di atas dada. Jika diletakkan di atas ginjal dan kantong kemih, bisa menyembuhkan susah buang air kecil. Jika diletakkan di atas kedua telapak kaki, maka dapat menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah. Dan jika diletakkan di atas luka, maka akan mengeluarkan nanah dan darah kotor. Cara membuat kompresan dari bawang ini adalah dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan kecil lalu dipanaskan. Setelah itu, diletakkan di daerah yang hendak diobati, kemudian diikat dengan kain. Lakukan penggantian perban tersebut setiap 12 jam.
  10. Potongan-potongan bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, yaitu dengan cara membubuhkan potongan-potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.
  11. Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terpotong untuk menghilangkan rasa sakit.
  12. Bawang merah apabila ditumbuk dan didihkan dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir.
  13. Seduhan bawang merah ini dapat digunakan untuk menghilangkan cacing pada anak-anak, yaitu dengan cara menyeduh potongan-potongan bawang merah dan memasukkannya ke dalam air dan disimpan sepanjang malam, lalu pada siang hari diminumkan kepada anak setelah dicampur dengan madu. Ulangi proses tersebut setiap pagi hingga cacing benar-benar keluar seluruhnya.
  14. Bawang merah juga bisa menghilangkan cacing di lambung dan mengobati wasir dengan cara membuatnya sebagai obat pencahar dari bawang merah yang telah dipanaskan sekitar kurang lebih 3 menit dalam 1 liter air. Dalam hal ini gunakan bawang merah yang ukurannya sedang agar bisa dimasukkan ke dalam anus.
  15. Menghirup aroma bawang merah dapat mengobati rasa pusing dan pingsan. Sebab baunya sangat menusuk sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan. Demikian juga fungsi-fungsi saraf. Dengan demikian, bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak.

-

Dikutip dengan perubahan dari Buku :

‘Pola Makan Rasulullah’ oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid

About these ads

14 Balasan ke Manfaat Bawang Merah untuk Pengobatan

  1. jalandakwahbersama mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    Ternyata banyak sekali manfaat bawang merah, terima kasih Mas Azi, sudah berbagi info yg bermanfaat ini.
    (Dewi Yana)

  2. [...] Manfaat Bawang Merah untuk Pengobatan 28 Agustus 2009 at 16:39 | In Informasi | Leave a Comment Tags: Al- Attas, bawang, bawang merah, bermanfaat, habib muhsin, majelis ratib al- attas, manfaat, pengobatan, Rasulullah [...]

  3. illuminate mengatakan:

    waw bagus

  4. Sintia mengatakan:

    assalamualaikum…
    kok bisa ya bawang merah digunakan untuk menyembuhkan luka?
    kandungan apa ya yang berfungsi untuk menyembuhkan luka?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh…
    ayo teman2 adakah yg dpt menjawabnya ??

  5. M.YUSUF IBRAHIM mengatakan:

    pak azi…terima kasih atas infonya…saya angat tertarik dengan artikel ini…
    tetapi adakah jurnal nya mengenai poin 1….
    tolong ya kalau ada dirim ke email saya….
    wassslamualikum

  6. M.YUSUF IBRAHIM mengatakan:

    ini alamat email saya yusuf_ibm@yahoo.co.id

  7. Ardie Pradana mengatakan:

    Artikel ini sangat bermanfaat buat pengetahuan menjaga kesehatan, terima kasih atas artikelnya semoga anda yg buat artikel slalu diberikan kesehatan dan dapat membuat artikel2 lain yg lebih bermanfaat. Amiin

  8. prince mengatakan:

    Alhamdullah..,kbetulan sya sngat doyan mkn bwang merah yg mentah maupun dh matang.mksh infonya

  9. ical mengatakan:

    heeemmmm…
    jd gt y gan..
    makasih banget atas infony.
    smoga qta smua slalu diberkati Tuhan yg maha kuasa,dgn slalu bisa mnjaga kesehatan raga kita..

  10. abufarannisa mengatakan:

    betuk sekali artikelnya..

  11. Doo Lele mengatakan:

    makasih,,,,info ini sngt membntu dlm nyelesaiin tugas,,,,,,

  12. tanaman obat mengatakan:

    banyak juga ternyata khasiat dari bawang merah yang belum saya ketahui

  13. aan thohari mengatakan:

    bawang merah masak apa aja pasti semua orang membutuhkanmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: